Gee Dee Blog

Berpacu menjadi yang terbaik

Manfaat belimbing untuk kesehatan

diposting oleh kurniawan-h--fisip08 pada 15 November 2011
di kesehatan - 0 komentar

skip to main | skip to sidebar

Pecinta Sejati

Cinta yang sejati, hanya untuk yang tercinta. Jangan cinta dibagi-bagi, karena membuat cinta sejati pergi. Carilah cintamu yang sejati, sebelum ia lari, dan tidak kembali

Minggu, 06 September 2009

Redam Tensi Darah dengan Belimbing


BERKHASIAT HEBAT - Buah yang banyak tumbuh di pekarangan rumah ini, sangat kaya khasiat. Maka dari itu, rajin-rajinlah mengkonsumsinya. Amirul Hamdi


Tensi darah sering naik, tentu bukan masalah jika rajin memakan buah belimbing (Averrhoa pentandra). Buah dengan bentuk bersegi-segi ini, tersedia banyak di Indonesia.

Walau tidak terlalu populer seperti rekan-rekannya sesama buah-buahan, ia tetap menjadi alternatif bagi penggemar buah. Sayang, tidak semua toko buah-buahan ataupun pasar tradisional yang menjualnya. Kalau mau makan juga, diperlukan perjuangan ke rumah-rumah warga.

Buahnya yang banyak, terkadang juga banyak terbuang percuma. Belimbing berjatuhan dan berserakan di sekitar batang, karena tidak termakan oleh pemiliknya. Tetangga-tetanggapun mungkin juga sudah bosan, sehingga enggan pula memintanya.

Dari dulu hingga sekarang, motivasi banyak orang memakan buah belimbing hanya untuk suka-suka saja. Tak jarang juga sebagai buah selingan, setelah bosan memakan buah-buahan jenis lainnya. Tindakan ini tentu tidak akan terjadi, jika yang bersangkutan mengetahui khasiatnya.

Dari beberapa penelitian yang ada, diketahui kalau buah belimbing termasuk golongan buah-buahan yang dapat menurunkan kadar kolesterol ’jahat’ dalam tubuh. Selain itu, juga ampuh untuk mencegah timbulnya penyakit hepatitis.

Tidak kalah dengan jeruk dan jambu biji, belimbing juga sumber vitamin, khususnya vitamin A dan C, sebagai antioksidan tangguh dalam memerangi radikal bebas. Ia bahkan mampu membantu mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari sariawan.

Kandungan pektin pada dinding sel belimbing, mampu mengikat kolesterol dan asam empedu yang terdapat dalam usus dan membantu pengeluarannya. Belimbing memiliki kandungan energi kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, serat, dan air.

Selain itu, belimbing juga memiliki kandungan serat yang baik, sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan, dan mengandung kadar kalium tinggi, serta natrium yang rendah sebagai obat hipertensi. Karena kalorinya rendah, cocok pula untuk yang kelebihan berat badan.

Untuk penyakit khusus seperti gondongan, ramuan buah belimbing bisa dijadikan pilihan. Segera ambil 10 ranting muda belimbing berikut daunnya dan 4 butir bawang merah. Cuci bersih lalu ditumbuk halus. Kemudian balurkan ke tempat yang sakit.

Jerawat juga bisa dicegah tumbuhnya, dengan buah belimbing yang ditumbuk halus, lalu diremas dengan air garam seperlunya. Gunakan untuk menggosok wajah yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari.

Sementara untuk menyembuhkan panu, 10 buah belimbing yang telah dicuci dan kemudian digiling halus, di tambah kapur sirih sebesar biji asam, diremas sampai rata, bisa menjadi alternatif. Ramuan ini digunakan untuk menggosok kulit yang terserang panu. Lakukan 2 kali sehari.

Untuk obat penyakit dalam seperti batuk, segeralah ambil segenggam bunga belimbing, beberapa butir adas, gula secukupnya dan air 1 cangkir. Semua ahan digiling selama beberapa jam, angkat, lalu dinginkan. Saring, kemudian diminum dua kali, pagi dan malam saat perut kosong.

Bisa juga dengan cara mengambil 25 kuntum bunga belimbing, 1 jari rimpang temu-giring, 1 jari kulit kayu manis, 1 jari rimpang kencur, 2 butir bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok, dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, air rebusan disaring, tambahkan sedikit madu. Minum sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

Khusus batuk rejan ada ramuan khusus. Sediakan 10 buah belimbing, dicuci lalu ditumbuk halus-halus, kemudian diremas dengan 2 sendok makan air garam, lalu disaring. Diminum 2 kali sehari.

Bagi yang sariawan, ambil segenggam bunga belimbing, gula jawa secukupnya dan 1 cangkir air direbus sampai kental. Setelah dingin disaring, gunakan untuk membersihkan mulut dan mengoles sariawan.

Alternatif kedua bisa dengan mengambil 2/3 genggam bunga belimbing, dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

Cara lainnya, 3 buah belimbing, 3 butir bawang merah, 1 buah pala muda, 10 lembar daun seriawan, 3/4 sendok teh adas, 3/4 jari pulosari, dicuci lalu ditumbuk halus, diremas dengan 3 sendok makan minyak kelapa, diperas lalu disaring. Dipakai untuk mengoles luka-luka akibat sariawan, 6-7 kali sehari.

Untuk mencegah tensi darah naik, ambil segera satu buah belimbing yang hampir matang, bersihkan, parut dan parutan tersebut diperas hingga satu gelas airnya. Cobalah resep ini selama satu bulan dan rasakan khasiatnya.

Jika sudah melewati satu bulan dan sudah merasa bosan dengan air perasan belimbing, cobalah mengkonsumsinya dengan memakan dua hari sekali dan tidak usah diparut. Insya Allah tensi darah tidak bakal naik dan berangsur-angsur normal. Dalam memakannya, jangan mencampur dengan garam, gula maupun gula sirup karena tak akan membawa faedah.

Khasiat hebat lainnya, sudah pasti untuk kecantikan. Belimbing diketahui dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit, menyegarkan dan menyejukkan wajah. Kandungan mineralnya juga mampu mengurangi kelelahan kulit.

Untuk khasiat ini, segeralah cuci bersih buah belimbing lalu potong tipis, tempelkan pada bagian kulit yang banyak mengeluarkan minyak. Diamkan kurang lebih lima menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Buat mengembalikan stamina, belimbing juga oke. Segera blender 2 buah belimbing berukuran besar yang sudah dikupas dan dibuang bijinya bersama 100 ml sari buah jeruk manis, gula, es batu plus sedikit susu kental manis rasa apa saja, lalu diminum.

Mengingat khasiatnya yang banyak, tidak ada salahnya ditanam di pekarangan rumah. Dijamin tidak bakal rugi. Membiasakan mengkonsumsinya, tentu juga memperlancar buang air besar. Kandungan seratnya tinggi, sehingga sangat bersahabat dengan perut. (Berbagai Sumber) Hendri Nova

Diposkan oleh Hendri Nova di 01:28  

Label: tumbuhan berkhasiat



 

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Blogroll

time

indonesia united

lumba-lumba darat

Pengunjung

    323.984