Gee Dee Blog

Berpacu menjadi yang terbaik

varises versus kaki cantik

diposting oleh kurniawan-h--fisip08 pada 14 November 2011
di kesehatan - 0 komentar

Khawatirkah bila warna biru-ungu pembuluh darah ‘menghiasi’ kaki indah anda? Bukan stocking cantik berwarna ungu biru melainkan varises. Tentu saja para wanita tidak menginginkan adanya ‘hiasan’ tersebut. Apa itu varises, penyebab, serta tips-tips agar varises dapat dicegah bisa disimak pada artikel berikut.

Berkenalan  dengan Varises
spider veinVarises merupakan suatu kondisi terjadinya pelebaran pembuluh darah, terutama pembuluh darah balik (vena). Varises bisa terjadi di bagian tubuh manapun, namun lebih banyak ditemukan di daerah betis dan kaki. Hal ini dikarenakan peningkatan tekanan pada pembuluh vena saat tubuh berdiri dan berjalan. Selain itu, kaki juga menopang berat badan. Hal-hal ini dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah vena di bagian kaki. Tidak hanya kaki, tubuh lain bisa saja terkena varises, misalnya di sekitar anus atau disebut hemoroid (ambeien/wasir). Penyebab varises tidak diketahui secara pasti, namun kemungkinannya adalah  kelemahan pada dinding vena. Lama-kelamaan, vena kehilangan kelenturannya dan akan meregang dan menjadi lebih panjang dan lebih lebar. Untuk menyesuaikan dengan ruangnya yang normal, vena yang memanjang ini menjadi berliku-liku sehingga terbentuklah varises.


Kesehatan  dan Penampilan
Masalah varises tidak hanya memperngaruhi kesehatan, tapi juga mengganggu penampilan. Bagaimana tidak, adanya benjolan seperti kabel berwarna biru-ungu sangat mengganggu keindahan kaki. Selain itu, varises juga menimbulkan ketidaknyamanan saat bergerak atau berjalan, bahkan menimbulkan sakit. Adanya varises juga bisa menandakan adanya gangguan kesehatan yang lebih serius seperti gangguan pada pembuluh darah di tubuh.

Tanda-tanda Timbulnya Varises
Perlu diketahui bahwa varises tidak menyebabkan sakit, gejala yang mungkin dirasakan yaitu vena terlihat berwarna ungu atau terlihat biru. Selain itu, vena tersimpul dan menonjol; kadang seperti kawat di kaki. Varises bisa juga terbentuk di bagian lain kaki dari paha sampai mata kaki.

Gejala yang muncul bisa meliputi:
  • Rasa sakit dan berat di kaki
  • Merasa terbakar, berdenyut, kejang otot, dan bengkak pada bagian bawah kaki
  • Rasa sakit memburuk setelah duduk atau berdiri pada waktu yang cukup lama
  • Gatal di sekitar satu atau lebih pembuluh vena
  • Luka pada kulit di sekitar mata kaki yang berarti dibutuhkan pengobatan medis karena telah terbentuk penyakit pembuluh darah yang cukup berat.
Yang Perlu Dilakukan
Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat varises. Tips ini juga dapat diterapkan untuk mencegah timbulnya varises atau memperlambat terbentuknya varises.
  • Olah Raga
    Olah raga merupakan saran yang umum dikemukakan, namun banyak penyakit yang dapat dicegah dengan berolahraga, termasuk varises. Biarkan kaki anda bergerak. Berjalan merupakan cara yang paling baik untuk memacu sirkulasi darah di kaki.
  • Perhatikan Pola Makan dan Berat Badan
    Kelebihan berat badan bisa memberikan kontribusi tekanan yang tidak diperlukan bagi pembuluh vena. Makanan yang anda konsumsi juga berpengaruh. Konsumsilah makanan yang rendah garam dan tinggi serat untuk mencegah timbulnya simpul-simpul vena di kaki yang terbentuk akibat retensi cairan dan konstipasi/sembelit.
  • Pakaian
    Hindari alas kaki high heels. Alas kaki rendah membuat otot betis bekerja lebih kuat, baik untuk pembuluh vena anda. Hindari penggunaan pakaian ketat di sekitar pinggang, kaki, dan paha. Pakaian yang ketat dapat menghambat aliran darah.
  • Meninggikan Kaki
    Untuk meningkatkan sirkulasi darah di kaki, biarkan kaki anda lebih tinggi posisinya dari pada jantung. Misalnya dengan berbaring dengan kaki bertumpu pada tiga atau empat bantal.
  • Hindari duduk atau berdiri lama
    Cobalah untuk bergerak setidaknya setiap 30 menit, perubahan posisi dimaksudkan untuk mendorong aliran darah.
  • Hindari Duduk dengan Kaki Menyilang
    Beberapa dokter percaya bahwa duduk dengan posisi ini dapat menyebabkan permasalahan sirkulasi darah.
Berkunjung ke Dokter
Perawatan diri sendiri seperti olah raga, menaikkan kaki, atau mengenakan stocking bertekanan dapat membuat anda merasa nyaman dari rasa sakit dan mencegah varies bertambah buruk. Namun anda merasa varises amat mengganggu penampilan, serta merasa perawatan diri tidak membantu, maka kunjungilah dokter anda. v

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Blogroll

time

indonesia united

lumba-lumba darat

Pengunjung

    324.475